Sunday, April 8, 2012

Nabi Menghukumnya di Masjid


Terjadi perdebatan antara Yahya al-Jala’, seorang pengikut Sunni, dan seorang lelaki dari golongan Mu’tazilah. Al-Jala’ dikenal sebagai seorang yang memiliki argumentasi yang kuat dan memiliki dalil-dalil yang shahih. Tetapi, pada saat itu, kekuasaan berpihak kepada kaum Mu’tazilah. Mereka memutuskan persoalan lebih memihak kepada Mu’tazilah daripada Sunni. Al-Jala’ pun mendapat kecaman yang tidak mengenakkan dari kelompok Mu’tazilah.
Akhirnya, al-Jala’ harus pulang ke rumahnya dengan perasaan galau dan sedih. Istrinya menyiapkan makan untuknya, tapi ia tidak menyentuhnya sama sekali, Al-Jala’ pun tertidur dalam keadaan galau dan sedih. Saat itulah beliau bermimpi bertemu dengan Rasulullah.
Yahya al-Jala’ berkata, “Aku melihat nabi saw., di masjid. Di sana ada kelompok Ahmad bin Hanbal dan para pengikutnya, serta kelompok Ahmad bin Abu Dawud[1] dan para sahabatnya.
Rasulullah saw., kemudian membaca ayat, ‘....Jika Orang-orang Quraisy itu mengingkarinya...’(al-An’am [6]: 89) sambil menunjuk ke arah kelompok Ibnu Abu Dawud. Beliau melanjutkan ayat itu, ‘....maka Kami akan menyerahkannya kepada kaum yang tidak mengingkarinya.’ (al-an’am[6]:89) dan beliau menunjuk ke arah kelompok Imam Ahmad bin Hanbal dan para sahabatnya.”
Yahya al-Jala’ bangun dari tidurnya dengan perasaan gembira. Istrinya kembali menghidangkan makanan untuknya. Kali ini ia menyantapnya dengan lahap.


[1] Seorang ulama Mu’tazilah yang mengikuti debat seputar Khalaq Al-Qur’an (Kemakhlukan Al-Qur’an) dan menyebabkan Imam Ibnu Hanbal dipenjara.
Comments
2 Comments

2 comments:

Plered Vespa Club said...

duh mntp ilmu nyaa gann saya jadi banyk tahu tentang perbedaan ituu klo ada waktu mampir yaa di d blog ku di http://pleredvespaclub.blogspot.com tp lm bnyak postingn sih mklum jarang up date...

Unknown said...

siap...saya pati mampir...kita saling share ilmu aja. Gini-gina juga aku masih terlahirkan dari lingkungan orang yang mencintai Vespa..Vespa never die...

Post a Comment

Untuk membangun perkembangan pengetahuan penulis, saya harapkan bagi para pengunjung untuk memberi saran yang membangun.

 
;