Friday, October 19, 2012

Kitab Safinatun Najah Fiima Yajibu `ala Abdi Ii Maulah


www.jurussemuailmu.blogspot.com
Penulis kitab Safinah adalah seorang ulama besar yang sangat terkemuka yaitu Syekh Salim bin Abdullah bin Sa'ad bin SumairAl-Hadhrami. Beliau adalah seorang ahli fiqh dan tasawwuf yang bermadzhab Syafi'i. Selain itu, beliau adalah seorang pendidik yang dikenal sangat ikhlas dan penyabar, seorang qodhi yang adil dan zuhud kepada dunia, bahkan beliau juga seorang politikus dan pengamat militer negara­-negara Islam. Beliau dilahirkan di desa Dziasbuh, yaitu sebuah desa di daerah Hadramaut Yaman, yang dikenal sebagai pusat lahirnya para ulama besar dalam berbagai bidang ilmu ke­agamaan.
Sebagaimana para ulama besar lainnya, Syekh Salim me­mulai pendidikannya dengan bidang Al-Qur'an di bawah peng­awasan ayah handanya yang juga merupakan ulama besar, yaitu
Syekh Abdullah bin Sa'ad bin Sumair. Dalam waktu yang singkat Syekh Salim mampu menyelesaikan belajarnya dalam bidang Al-Qur'an tersebut, bahkan beliau meraih basil yang baik dan prestasi yang tinggi. Beliau juga mempelajari bidang­bidang lainnya seperti halnya ilmu bahasa arab, ilmu fiqih, ilmu ushul, ilmu tafsir, ilmu tasawuf, dan ilmu taktik militer Islam. Ilmu-ilmu tersebut beliau pelajari dari para ulama besar yang sangat terkemuka pada abad ke-13 H di daerah Hadhramaut, Yaman. Tercatat di antara nama-nama gurunya adalah:

1.             Syekh Abdullah bin Sa'ad bin Sumair
2.             Syekh Abdullah bin Ahmad Basudan

Kitab Safinah memiliki nama lengkap "Safinatun Najah Fiima Yajibu `ala Abdi Ii Maulah" (perahu keselamatan di dalam mempelajari kewajiban seorang hamba kepada Tu­hannya). Kitab ini walaupun kecil bentuknya akan tetapi sa­ngatlah besar manfaatnya.

 Begitulah ringkasan tentang Kitab dan penulis Safinatun Najah Fiima Yajibu `ala Abdi Ii Maulah yang saya ketahui, tapi teman-teman bisa baca selengkapnya tentang kitab Safinatun Najah Fiima Yajibu `ala Abdi Ii Maulah di bawah ini :


 Sekian yang saya bisa sampaikan kepada teman-teman, adapun kalau ada kesalahan dalam menjelaskan, dengan lapang dada saya akan menerima kritik dan saran teman-teman di kotak komentar bawah. Semoga tulisan ini bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Bagi teman-teman yang merasa tulisan ini sangat berguna, saya tidak akan melarang teman-teman untuk menyebarkan tulisan ini di berbagai jejaring sosial.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Untuk membangun perkembangan pengetahuan penulis, saya harapkan bagi para pengunjung untuk memberi saran yang membangun.

 
;