Friday, December 21, 2012

01 Silsilah Hadits Dha’if dan Maudhu’

Di malam yang berbahagia ini, sebelum saya terlelap dalam indahnya mimpi malam, saya ingin berbagi informasi tentang sebuah hadits Dha'if yang sering terdengar oleh kita. Mudah-mudahan dengan informasi ini, teman-teman jadi lebih hati-hati dalam menyampaikan sebuah hadits. Haditsnya adalah sebagai berikut :


الدين هو العقل ومن لادين له لا عقل له

“Agama adalah akal. Siapa yang tidak memiliki agama, tidak ada akal baginya.”

Hadits tersebut batil. Diriwayatkan oleh Imam an-Nasa’i dari Abi Malik Basyir bin Ghalib. Kemudian ia berkata, “Hadits ini adalah batil munkar.” Menurut saya, kelemahan hadits tersebut terletak pada seorang sanadnya yang bernama Bisyir. Dia ini majhul (asing/atau tidak dikenal). Inilah yang dinyatakan oleh al-Uzdi dan dikuatkan oleh adz-Dzahabi dalam kitab Mizanul I’tidal dan al-Asqalani dalam kitab Lisanul Mizan.
Satu hal yang perlu digarisbawahi di sini ialah bahwasannya semua riwayat/hadits yang menyatakan keutamaan akal tidak ada yang shahih. Semua berkisar antara dha’if dan maudhu’. Saya telah menelusuri semua riwayat tentang masalah keutamaan akal tersebut dari awal. Di antaranya  apa yang diutarakan oleh Abu Bakar bin Abid Dunya dalam kitab al-Aqlu wa Fadhluhu. Di situ dapati ia menyebutkan, “Riwayat ini tidaklah shahih.”
Kemudian Ibnu Qayyim dalam kitab al-Manar halaman 25 menyatakan, “Hadits-hadits yang berkenaan dengan akal semuanya dusta belaka.”
Comments
2 Comments

2 comments:

heri said...

Maaf Gan,blog ini dijudulnya bagi orang yang haus akan ilmu/tentang sesuatu,tetapi belum ada posting mengenai elektronika? saya mau tanya bagaimana cara servis tabled pc?terima kasih. Kunjungi juga blog saya di http ;//combro-atom.blogspot.com.terima kasih.

Unknown said...

terima kasih atas sarannya gan. Maklum gan saya masih bergelut dengan kuliah, jadi belum secara sempurna blog ini di isi dengan baik. Insya allah ke depannya di isi..sip, terima kasih gan atas kunjungannya. kalau di liat dari blog agan, kayaknya agan lebih tahu masalah service menyervice..he..he...

Post a Comment

Untuk membangun perkembangan pengetahuan penulis, saya harapkan bagi para pengunjung untuk memberi saran yang membangun.

 
;