Saturday, January 12, 2013

06 Silsilah Hadits Dha'if dan Maudhu' {Butiran debu mengakibatkan ASMA}


Teman-teman yang saya cintai, kini saatnya saya berbagi informasi lagi mengenai silsilah hadits dho'if dan maudhu yang di paparkan oleh Muhammad Nashiruddin al-Albani. Hadits yang akan di bahas pada malam ini adalah hadits tentang Butiran Debu yang mengakibatkan timbulnya penyakit asma. Oke, untuk lebih jelasnya kita baca penjelasan haditsnya di bawah ini:

تنكبواالغبار فانه منه تكون النسمة
“Hindarilah debu, karena darinyalah timbulnya penyakit asma.”

Saya tidak mengetahui sumber hadits yang disebutkan oleh Ibnu Atsir dalam kitab an-Nihayah pada maddah nasama tersebut seraya mengatakannya sebagai hadits. Namun, saya tidak mendapati ia meyebutkan sumber aslinya secara marfu’ (sampai sanadnya kepada Rasulullah saw). Ibnu Saad dalam Thabaqat al-Kubra VIII/198 meriwayatkan bahwa Abdullah bin Shaleh al-Mashri berkata, dari Harmalah bin Imran apa yang diceritakan kepada mereka oleh Ibnu Sindir pengikut (budak) Rasulullah saw.. Ia berkata, “Suatu saat datanglah Amr Ibnul Ash sedang Ibnu Sindir telah bersama sekelompok orang. Tiba-tiba orang-orang yang bergerombol bermain-main menebarkan debu ke udara. Amr kemudian mengulurkan imamah (surban) nya seraya menutupi hidungnya dan berkata, ‘Hati-hatilah kalian terhadap debu karena itu merupakan suatu yang paling gampang masuknya dan paling sulit keluarnya. Bila debu telah masuk menembus paru-paru, maka timbullah penyakit asma.” Jadi, di samping riwayat tersebut mauquf (terhenti sampai kepada sahabat) juga sanadnya tidak shahih. Alasannya: 
  •     Ibnu Saad hanya menyandarkan riwayat tersebut tanpa menyebutkan kaitan antara dia dengan Abdullah bin Shaleh.  
  • Ibnu Shaleh itu lemah. Hal ini dinyatakan oleh Ibnu Hibban dan Ibnu Huzaimah.  
  • Kaitan antara Harmalah dengan Ibnu Sindir tidak dijelaskan, karena itu dikategorikan sebagai majhul.

Sumber: Silsilatul-Ahaadiits adh-Dha’ifah wal-Maudhu’ah wa Atsaruhas-Sayyi’ fil-Ummah Karya Muhammad Nashiruddin al-Albani
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Untuk membangun perkembangan pengetahuan penulis, saya harapkan bagi para pengunjung untuk memberi saran yang membangun.

 
;