Monday, November 26, 2012

Awas, 4 Hal Tak Terduga Ini Bisa Diturunkan Orang Tua pada Anak

Rahma Lillahi Sativa

Jakarta, Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Begitu juga dengan karakteristik mental dan fisik anak yang biasanya identik dengan sang ayah, ibu atau bahkan kombinasi keduanya.

Uniknya, terkadang baik orang tua maupun Anda sendiri mungkin tak menyadari jika ketakutan atau kebencian Anda terhadap suatu hal ada kaitannya dengan orang tua atau
diturunkan langsung oleh mereka.

Untuk lebih jelasnya simak 4 hal tak terduga yang bisa diturunkan orang tua kepada anak-anaknya seperti halnya dikutip dari menshealth, Senin (26/11/2012) berikut ini.

1. Takut ke dokter gigi
Fobia yang satu ini bisa jadi berasal dari ayah Anda. Sebab Anda akan mengalami kecenderungan yang sama jika dokter gigi membuat ayah Anda ketakutan. Hal ini diungkap sebuah studi dari University of Madrid.

Secara khusus peneliti menemukan bahwa anak yang ayahnya tidak suka atau benci dengan dokter gigi cenderung dua kali lipat mengalami ketakutan serupa dibandingkan anak-anak yang ibunya tidak suka ke dokter gigi.

2. Gangguan penis
Menurut tim peneliti dari Department of Agriculture, AS, ukuran penis itu 70 persen ditentukan oleh faktor keturunan, setidaknya itulah yang terjadi pada domba jantan.

Kendati belum ada studi yang mempelajari kondisi serupa pada manusia, namun para peneliti telah melakukan pengamatan terhadap penyebab ejakulasi prematur dan disfungsi ereksi pada anak kembar identik dan anak kembar tidak identik.

Hasilnya? 30 persen risiko ejakulasi prematur dan 42 persen risiko impotensi dipengaruhi oleh faktor genetik.

3. Kemampuan atletik
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Physiological and Endocrinological Aspects in Pediatric Exercise Science memaparkan bahwa kemampuan atletik seseorang 83 persen diwariskan dari orangtuanya.

Beruntung kekuatan otot seseorang yang ditentukan oleh faktor genetik hanyalah sebesar 50 persen, jadi meski ayah Anda membentuk otot tubuhnya, Anda masih bisa melakukannya, bahkan mungkin lebih baik daripada beliau.

4. Kesehatan mental
Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Stanford University, depresi dapat disebabkan oleh faktor lingkungan dan genetik, masing-masing besarnya sama yaitu 50 persen.

Kalau urusan genetika, peneliti pun percaya bahwa ada sejumlah gen yang diturunkan oleh orangtua dan bertanggung jawab terhadap tingkat depresi si anak yaitu gen yang disebut dengan 5-HTT.

Jika seorang anak memiliki dua salinan pendek dari gen ini (akibat kedua orang tuanya sama-sama memiliki salinan gen 5-HTT yang pendek) maka tubuh anak itu takkan dapat menghasilkan seluruh protein yang dibutuhkan untuk mengatur kadar serotonin, salah satu jenis neurotransmiter yang memunculkan mood atau suasana hati pada si anak.

Sumber: Click Here!!!
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Untuk membangun perkembangan pengetahuan penulis, saya harapkan bagi para pengunjung untuk memberi saran yang membangun.

 
;