Monday, November 19, 2012

Wah, si Rambut Putih Sudah Muncul, Kenapa Coba?

Merry Wahyuningsih

Jakarta - Rambut putih alias uban biasanya identik dengan rambut kakek nenek. Tapi di zaman sekarang, uban tak melulu berkaitan dengan usia karena tidak jarang pula orang yang
masih muda sudah ubanan. Apa penyebabnya?

Banyak orang muda yang mengeluh ketika melihat uban di kepalanya. Uban prematur ini dalam terminologi medis disebut canities.

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan uban tumbuh di saat usia masih muda, seperti dirangkum detikHealth, Rabu (17/10/2012):

1. Genetika
Penyebab utama munculnya uban di usia muda adalah genetika. Jika salah satu dari orangtua atau bahkan keduanya mengalami pertumbuhan uban di usia muda, maka kemungkinan besar sang anak pun akan mengalami uban prematur.

"Salah satu yang diperkirakan menjadi penyebabnya adalah penurunan jumlah produksi pigmen pada rambut karena faktor genetik. Faktor genetik merupakan penyebab yang saat ini paling dipercaya, karena seringkali terjadi pada satu keluarga," jelas dr. Susie Rendra, SpKK, dalam konsultasi detikHealth

2. Penyakit autoimun dan kurang vitamin
"Penyebab lain adalah penyakit autoimun karena uban ternyata juga sering ditemukan pasien dengan penyakit autoimun, misalnya vitiligo dan penyakit tiroid. Defisiensi vitamin B12 juga diperkirakan berperan pada hal ini," lanjut dr. Susie.

Vitiligo adalah kondisi sistem autoimun yang merusak melanosit, sel-sel yang menghasilkan pigmen yang bertanggung jawab untuk warna rambut.

Sedangkan vitamin B12 bertanggung jawab menghasilkan jumlah sel darah merah yang sehat di sumsum tulang. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan Anemia pernisiosa, yang ditandai kelelahan, kurang nafsu makan, penurunan berat badan, sakit kuning dan sakit kepala.

3. Merokok
Menurut sebuah studi tahun 1996 yang diterbitkan dalam British Medical Journal, orang yang merokok empat kali lebih mungkin mengalami uban prematur ketimbang orang non-perokok.

4. Penggunaan obat tertentu
Dalam beberapa kasus, penggunaan obat bisa menjadi penyebab untuk uban prematur. Penyebab pasti di balik fenomena ini tetap tidak diketahui, tetapi hubungan terlihat antara uban prematur dan obat-obatan tertentu, seperti Lithium untuk mengobati depresi dan gangguan bipolar.

5. Sering kena bahan kimia
"Selama ini rambut beruban tak dikaitkan dengan penggunaan sampo tertentu. Tapi beberapa kasus dihubungkan dengan prosedur pewarnaan rambut, bila menggunakan zat dengan kandungan hidrogenperoksida yang bersifat sebagai bleaching agent," ujar dr. Susie.

Sumber: Click Here !!!
Comments
1 Comments

1 comments:

Unknown said...

Sama-sama, saya hanya mencoba menyampaikan info-info yang saya rasa penting untuk di sampaikan ke teman-teman yang berselancar di net. Perkenalkan juga saya mahasiswa Fakultas Ushuluddin di Universitas Islam Negri SGD Bandung. Selamat membaca article-article yang lainnya gan..!!!

Post a Comment

Untuk membangun perkembangan pengetahuan penulis, saya harapkan bagi para pengunjung untuk memberi saran yang membangun.

 
;