Monday, November 26, 2012

Kisah Pinokio Ada Benarnya, Tanda-tanda Orang Bohong Ada di Hidung

AN Uyung Pramudiarja

Jakarta, Dalam cerita dongeng dikisahkan, boneka kayu Pinokio buatan Mr Gepetto akan memanjang hidungnya setiap kali berbohong. Meski tidak benar-benar jadi panjang, penelitian membuktikan bahwa tanda-tanda orang bohong memang ada di hidung.

Penelitian yang
dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Granada tersebut menunjukkan, hidung akan mengalami peningkatan suhu ketika pemiliknya sedang berbohong. Gejala ini mungkin tidak kasat mata, tetapi dengan kamera khusus akan sangat mudah dibedakan.

Memanasnya suhu hidung saat berbohong diyakini terjadi sebagai akibat sebagai efek dari kegelisahan akibat merasa bersalah. Untuk mendinginkannya agar tidak ketahuan,para ilmuwan menyebut upaya tersebut sebagai perjuangan mental yang luar biasa.

Emilio Gomez Milan dan Elvira Salazar Lopez yang melakukan penelitian tersebut sebagai tesis doktoralnya mengatakan, peningkatan suhu tidak hanya terjadi di hidung tetapi juga daerah di ujung mata bagian dalam. Perubahan suhu pada bagian-bagian tersebut selalu mengikuti suasana hati atau mood.

Meski tidak benar-benar memanjang seperti Pinokio, kedua ilmuwan ini tetap menjulukinya sebagai 'Efek Pinokio'. Tidak lain karena keduanya ingin menghargai tokoh dongeng dari abad ke-19, yakni Pinokio si bocah jadi-jadian yang tercipta dari boneka kayu buatan Mr Gepetto.

Perubahan suhu tersebut teramati dengan thermal imaging atau kamera khusus untuk pencitraan panas. Diklaim, teknologi ini juga bisa mengamati rangsang seksual yang dialami laki-laki maupun perempuan yang tampak dari perubahan suhu di aera genital.

Teknologi ini juga dipakai untuk menghasilkan jejak termal untuk olahraga aerobik maupun untuk membedakan jenis-jenis tarian, misalnya balet.

"Ketika seseorang menarikan Flamenco (sebuah tarian asal Spanyol), suhu di bokong menurun sedangkan suhu di lengan justru meningkat," terang keduanya seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (24/11/2012).

Sumber: Click Here!!!
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Untuk membangun perkembangan pengetahuan penulis, saya harapkan bagi para pengunjung untuk memberi saran yang membangun.

 
;