Tuesday, November 20, 2012

Tingkatkan Semangat Olahraga dengan Melihat Warna Hijau

Rahma Lillahi Sativa

Jakarta, Bagi orang-orang yang punya kesibukan seabreg, aktivitas olahraga seringkali hanya bisa dilakukan di gym. Tapi sebuah studi baru mengungkapkan bahwa olahraga di luar ruangan (outdoor) jauh lebih banyak memberikan manfaat psikologis ketimbang olahraga di dalam ruangan (indoor).

Manfaat psikologis yang
dimaksud peneliti adalah peningkatan mood atau suasana hati, harga diri, motivasi dan kesenangan, termasuk semangat untuk berolahraga. Secara khusus peneliti pun mengungkapkan bahwa manfaat positif itu diperoleh dari warna hijau yang ada pada lingkungan sekitar.

Kesimpulan ini diperoleh setelah tim peneliti dari University of Essex, Inggris meminta 14 mahasiswa pria untuk menaiki sepeda stasioner di dalam ruangan selama 5 menit sembari menonton sebuah video simulasi bersepeda di tengah lingkungan alam. Kemudian peneliti mengganti filter pada layar dari hijau menjadi hitam-putih selama 5 menit, juga merah untuk selang beberapa waktu.

Hasilnya, partisipan merasa tak begitu lelah dan mengalami gangguan suasana hati lebih sedikit ketika menonton video berlatar hijau ketimbang menjalani tes sambil menonton video berlatar hitam-putih atau merah. Lagipula partisipan juga dilaporkan merasakan kemarahan lebih besar ketika disodori video alam berlatar warna merah.

Menurut peneliti, paparan warna-warna bergelombang pendek seperti biru dan hijau memunculkan perasaan tenang, sebaliknya merah dan kuning justru lebih merangsang.

"Selain itu sejak zaman nenek moyang, warna hijau identik dengan banyaknya persediaan makanan dan sumber air. Tak heran jika perasaan positif yang dimunculkan oleh warna hijau mungkin telah tertanam dalam otak manusia selama masa evolusi," terang peneliti seperti dilansir dari
myhealthnewsdaily, Senin (19/11/2012).

Menanggapi studi ini, Thomas Plante, psikolog dari Santa Clara University, California mengatakan, "Studi ini masih belum bisa menjelaskan apakah kesan positif yang muncul dari warna hijau itu sendiri atau familiaritas terhadap gambar-gambar yang ada di video. Kita selalu mengira pepohonan itu berwarna hijau, bukannya merah atau abu-abu, jadi rasanya lebih alami."

Kendati begitu, studi ini ikut memberikan bukti bahwa lingkungan itu berpengaruh terhadap aktivitas olahraga seseorang.

"Di manapun Anda melakukan olahraga, dengan siapapun Anda berolahraga, bahkan hingga tingkat ketertarikan Anda terhadap orang-orang di sekitar tempat olahraga Anda dapat mempengaruhi mood serta sikap Anda ketika melakukan aktivitas tersebut," tambah Plante.

Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal Environmental Science and Technology.

Sumber: Click Here!!!
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Untuk membangun perkembangan pengetahuan penulis, saya harapkan bagi para pengunjung untuk memberi saran yang membangun.

 
;